Ratusan Penumpang Batavia Air Terlantar
Ratusan calon penumpang maskapai penerbangan Batavia Air terlantar di Bandara Adisucipto Jogjakartan Kamis (31/1). Kejadian ini merupakan buntut dari pasca penetapan status pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.
Calon penumpang mendesak pihak manajemen bertanggung jawab atas kerugian yang ditanggung penumpang. Para penumpang semakin geram, meski telah menunggu berjam-jam, tidak ada satu pun perwakilan manajemen Batavia Air bersedia menemui. Saat dihubungi via telpon, juga tidak ada respons.
“Kami tidak akan melakukan anarki, kenapa sampai harus dijaga polisi,” kata salah satu calon penumpang, Sukardi (55).
Para penumpang meminta ada kepastian pengalihan maskapai. Jika hal itu tidak memungkinkan, mereka mendesak pihak Batavia Air mengembalikan uang tiket secara utuh.
Untuk meredam emosi para calon penumpang, pihak Angkasa Pura mencoba membantu fasilitasi. Namun demikian, upaya komunikasi dengan manajemen Batavia Air juga gagal.
“Sampai sekarang kami juga belum mendapat informasi dari pihak Batavia Air,” ungkap General Manager PT Angkasa Pura I, Agus Andriyanto.
Pihaknya menyarankan alternatif untuk mendata identitas penumpang, dan nomer tiket. Jika sudah ada kepastian, pihaknya berjanji akan menghubungi.
“Kami akan upayakan koordinasi dengan maskapai lain, jika ada kemungkinan bisa mendapat tiket pengganti dengan harga murah. Tapi kami tidak bisa pastikan jam penerbangannya,” kata Agus.