Home » Berita, Jogja » Jogjakarta : Bappeda Targetkan Jumlah Warga Miskin Turun 2 %

Jogjakarta : Bappeda Targetkan Jumlah Warga Miskin Turun 2 %



Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jogja bakal menekan jumlah warga miskin hingga 2 %. Target tersebut dikemukakan oleh Sektretaris Bappeda, Zenni Lingga setelah mendapat uang program dari Pemerintah sebesar Rp1.9 miliar.

Dilansir Harjo, Sabtu (9/2) anggaran tersebut dialokasikan untuk pembuatan program pengentasan kemiskinan. Program tersebut antara lain, penguatan modal bagi pengusaha mikro, peningkatan keterampilan, dan fasilitas kemudahan kepemilikan rumah layak huni.

Zenni mengatakan bahwa wilayah yang menjadi target utama program tersebut adalah empat kecamatan yang tercatat memiliki warga miskin terbanyak. Keempat kecamatan itu adalah Umbulharjo, Tegalrejo, Gedongtengen, dan Mergangsan.

“Empat kecamatan itu memiliki jumlah warga miskin yang banyak dibanding kecamatan yang lainnya,” ungkapnya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2011 lalu, Zenny mengungkapkan bahwa total penduduk miskin di empat kecamatan tersebut mencapai 12.827 jiwa dari total 31.903 jiwa total warga miskin di Kota Jogja.

“Selain empat kecamatan, dianggarkan juga Rp2,5 miliar untuk menangani kemiskinan di 14 kecamatan di Kota Jogja,” pungkasnya.

Facebook Twitter Share on Google+