Home » Jogja » Jogjakarta: Cumulunimbus Penyebab Datangnya Angin Kencang

Jogjakarta: Cumulunimbus Penyebab Datangnya Angin Kencang



Awan Cumulunimbus diduga menjadi penyebab turunnya hujan deras disertai angin kencang tadi malam, Jumat (22/2). Dugaan ini dikatakan oleh Kasi Cuaca Lanud Adisutjipto, Subakir. Menurutnya, pergerakan awan cumulus yang aneh, dari barat ke timur membikin fenomena angin kencang datang pada malam hari. Hujan deras disertai angin kencang, katanya, biasanya datang di waktu siang.

“Awan itu bergerak dari barat ke timur. Fenomena yang sangat jarang terjadi. Kecepatannya pun hingga 75 Km/jam,” ungkapnya dikutip KR Sabtu (23/2).

Hujan deras yang disertai angin kencang melanda hampir semua wilayah Jogjakarta. Keadaan ini diperparah dengan padamnya listrik di sejumlah wilayah. Fenomena ini membikin sejumlah pohon di tepi jalan tumbang. Wilayah Pasar Sleman, Dusun Kalakijo I, Triharjo, tepatnya di depan Masjid Besar Sleman sebuah pohon berukuran besar tumbang dan menutupi jalan. Di depan RRI Gejayan, sebuah pohon juga tumbang dan menghalangi jalan.

Dari pantauan akun twitter @Jogjaupdate, sebelum hujan turun, terlihat kilatan cahaya berwarna hijau di langit. “Beberapa follower mengatakan melihat kilatan cahaya berwarna kehijauan di langit, beberapa waktu sebelum terjadi hujan angin tadi,” tulisnya.

Facebook Twitter Share on Google+