Home » Olahraga » David Maulana Menangkan Timnas U-19

Sepak Bola

David Maulana Menangkan Timnas U-19



beritajogja.co.id

Skuat Timnas U-19 kala berhadapan dengan Persiba Bantul, Rabu (5/2) malam. (Foto: Cahyo PE)

Timnas U-19 harus bersusah payah untuk memenangkan laga ujicoba melawan Tim Pra Pon DIY yang digelar di Stadion Mandala Krida, Jumat (7/2) malam. Dalam laga ujicoba tersebut Timnas U-19 berhasil mengalahkan Tim Pra PON DIY dengan skor tipis 3-2.

Menghadapi tim Pra PON DIY, Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri menurunkan tim yang berbeda dengan saat menghadapi PSS Sleman maupun Persiba Bantul di dua laga ujicoba sebelumnya. Hanya ada dua pemain yaitu kiper Ravi Murdiyanto dan pemain tengah Maldini Pali yang pernah dipasang di dua laga sebelumnya. Selebihnya adalah pemain yang belum pernah dimainkan oleh Indra Sjafri dilaga ujicoba.

Tim Pra PON DIY yang dilatih oleh Daryanto Hadi mengawali babak pertama dengan mengambil inisiatif permainan. Timnas U-19 yang biasanya mengandalkan umpan-umpan pendek dan mengedepankan penguasaan bola dibuat kesulitan mengembangkan permainan oleh tim Pra PON DIY. Barisan pemain tengah tim Pra PON DIY berhasil meredam aliran bola dari para pemain tengah Timnas U-19. Tidak dimainkannya Evan Dimas ternyata membawa masalah bagi Timnas U-19. Tanpa Evan Dimas, timnas U-19 seperti kesulitan dalam melakukan kreasi permainan maupun mengalirkan umpan-umpan.

Di menit ke 18, penyerang Tim Pra PON DIY, Martinus Novianto berhasil menjebol gawang Timnas U-19 yang dijaga oleh Ravi Murdiyanto. Salah komunikasi dalam mengantisipasi bola yang dilakukan oleh para pemain belakang Timnas U-19 berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Martinus. Seuah tendangannya berhasil memperdaya Ravi.

Tim Pra PON DIY kembali berhasil menambah gol ke gawang Timnas U-19. Lagi-lagi gol diciptakan oleh Martinus Novianto. Sebuah tendangan keras dari luar kotak penalti pada menit ke 42 yang dilakukan oleh Martinus berhasil menjebol gawang Ravi. Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Tim Pra PON DIY.

Jelang injury time, Timnas U-19 berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1. Tandukan Reza Sitorus di menit ke-44 menyambut umpan lambung dari tendangan bebas yang dilepas oleh Mahdi Fahri berhasil membobol gawang Tim Pra PON DIY. Skor 2-1 ini bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua Timnas U-19 lebih banyak menguasai permainan. Namun Timnas U-19 baru bisa menyamakan skor di menit ke 84. Tendangan Dimas Drajad menghantam mistar atas gawang Tim Pra-PON DIY, bola pantul kemudian bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Ryuji Utomo. Tendangan keras Ryuji pun mengubah skor menjadi 2-2.

Gol kemenangan Timnas U-19 baru terjadi pada menit ke-88 dengan proses yang tidak jauh berbeda dengan gol kedua. Bola tendangan Hendra Sandi menghantam mistar atas gawang lawan, memantul, dan diakhiri sambaran pemain pengganti Septian David Maulana.. Gol Septian David pun memastikan kemenangan Timnas U-19 dengan skor 3-2.

Facebook Twitter Share on Google+